Rabu, 06 Mei 2015

Enaknya Lopek Bugi : Makanan Khas Kampar Riau

Indonesia merupakan Negara yang luas mulai dari Sabang sampai merauke memiliki ciri khasnya masing-masing mulai dari adat istiadat, tradisi, bahasa, suku, makanan dan masih banyak lainnya. Makanan di Indonesia sangat dikenal adalah Rendang, Nasi Goreng, Sate dan Bakso. Tetapi selain itu tentunya masih banyak kuliner di Indonesia ini yang enak dan belum banyak diketahui oleh orang banyak salah satunya adalah Lopek Bugi makanan Khas Kampar, Provinsi Riau.
Lopek bugi adalah Makanan khas Kabupaten Kampar yang sangat terkenal. Bahan dasarnya berupa tepung beras ketan, campuran parutan kelapa plus gula. Cara membuat penganan ini, mula - mula tepung beras ketan diaduk dengan santan yang telah dicampuri daun pandan. Setelah jadi adonan, dibentuk kecil - kecil dan diberi inti gula kelapa parut lalu dikukus hingga matang.
Di Kabupaten Kampar terdapat suatu desa yang dimana penduduknya banyak bermata pencariannya berasal dari menjual lopek bugi sehingga banyak penduduk terangkat derajat ekonominya dari menjual lopek bugi ini. Nama tempatnya adalah desa Danau Bingkuang yang terletak di Jalan Nasional Pekanbaru-Bangkinang 34 Km pusat kota Provinsi Riau di Pekanbaru.
Desa Danau Bingkuang sendiri merupakan tempat strategis karena merupakan jalan lintas Timur, jalan menuju Sumatera Barat melewati desa ini sehingga banyak pengunjung luar yang berhenti hanya untuk membeli makanan khas kabupaten kampar ini.
Sementara pembelinya, tidak hanya warga kampar tetapi juga para pengunjung dari daerah lain seperti Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru dll. Bahkan tidak sedikit yang berasal dari Malaysia dan Singapura. Harga lopek bugi juga tergolong murah. Dalam satu bungkus yang berisi 10 buah, biasa di bandrol Rp.10.000,-.
Lopek bugi biasanya disajikan dalam rapat pemerintahan atau pertemuan para pejabat sehingga dari pemerintahan kabupaten kampar sendiri sangat mendorong kemajuan dari lopek bugi sendiri 
Biasanya, lopek bugi khas Kampr ini memiliki dua warna, hitam dan putih. Bentuk dan sajiannya hampir sama dengan lopek bugih Sumatera Barat atau kalau di daerah lain kerap disebut dengan lepat. Hanya dari segi rasa, lopek bugi yang satu ini memiliki citra rasa yang berbeda.





lopek-danau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar