Jumat, 14 November 2014

Manfaat dan Kerugian Memakan Jengkol dalam hal Kesehatan

Manfaat dan Kerugian Memakan Jengkol

Jengkol merupakan tumbuhan khas dari Asia Tenggara yang diolah sebagai bahan makanan ataupun sebagai lalapan dan sangat digemari diberbagai negara di asia tenggar khususnya Indonesia, Malaysia dan Thailand. Bentuk jengkol yang bulat ini bisa diolah dengan bermacam macam cara seperti direndang, digoreng, digulai hingga hanya dimakan begitu saja sebagai lalapan.

Meski jengkol banyak digemari, jengkol juga banyak mengakibatkan diantaranya bau tidak enak ketika membuang air kecil, bau mulut serta ada kasus yang tidak bisa buang air kecil setelah memakan jengkol dalam jumlah banyak, sebenarnya bau yang diakibatkan oleh jengkol ini bisa diatasi atau diminimalisir dengan beberapa cara seperti mengolahnya dengan benar, meminum kopi setelah mengkonsumsi jengkol dengan alasan kopi memiliki bau yang tajam, bisa menyikat gigi anda tetapi setelah itu dianjurkan memakan permen yang memiliki bau yang dominan. Mungkin saya tidak bisa menjelaskan dengan terperinci, mungkin artikel berikut menyusul.

Meski banyak memiliki kekurangan, jengkol juga memiliki Manfaat jiki kita mengkonsumsi jengkol tersebut. Dibawah saya akan menerangkan khasiat dari jengkol tersebut beserta pengertiannya tetapi bukan hanya manfaat memakan jengkol saja saya juga mencoba menguraikan kerugian memakan jengkol.

Manfaat makan jengkol


Manfaat memakan jengkol

1. Jengkol kaya kandungan Vitamin
Vitamin yang terkandung dalam jengkol adalah vitamin A, B1, B2 dan C, seperti yang kita ketahui bersama vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B1 dan B2 yang bertugas membantu penyerapan protein dan menjaga kepekaan syaraf dan vitamin C pada jengkol 80 mg per 100g sebagai antioksidan dan radikal bebas.

2. Jengkol kaya kandungan Fosfor
Fosfor berfungsi sebagai pencegah tulang kropos dan mencegah agar gigi tidak berlubang, jengkol memiliki kandungan fosfor dikisaran 166,7 mg per 100 g.

3. Jengkol kaya akan Kalsium
Fungsi Kalsium hampir sama dengan Fosfor yaitu mencegah osteoporosis atau pengkroposan tulang, kalsium juga berperan dalam metabolisme tubuh dan penggerak otot dan kerja jantung

4. Kaya Protein
Jengkol juga kaya akan protein yang tinggi berkisar diantara 23,3 g per 100 g, kandungan protein dalam jengkol ini lebih tinggi dari kedelai dan kacang hijau. Manfaat protein dalam tubuh sangat banyak diantaranya sebagai pengganti sel-sel yang rusak.

5. Kaya Zat Besi
Fungsi Zat Besi dalam tubuh sangat vital karena zat besi memiliki tugas untuk mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan sel tubuh. Didalam jengkol terkandung 4,7 g per 100gram zat besi.

kerugian memakan jengkol

Kerugian memakan jengkol

1. Bau tidak sedap
Seperti yang telah saya jelaskan diawal, memakan jengkol mengakibatkan bau tidak sedap pada mulut dan pada saat buang air kecil. Bau tidak sedap ini disebabkan oleh asam amino yang terkandung dalam jengkol terdominasi oleh unsur sulfur, dimana jika unsur yang terkandung dalam jengkol tersebut kita kunyah atau pecah maka akan menjadi komponen yang kecil dan menghasilkan komponen flavor yang berbau tidak sedap

2. Akibat Asam Jengkolat
Seperti yang saya singgung diatas memakan jengkol bisa mengganggu saluran ketika membuang air kecil salah satu penyebabnya adalah asam jengkolat, bahkan lebih parahnya asam jengkolat ini bisa mengakibatkan gangguan prostat dan ginjal.

Penyebab asam jengkolat itu sendiri bukan hanya memakan jengkol yang terlalu banyak tetapi juga tergantung pada ketahanan tubuh kita sendiri, jadi memakan sedikit jengkol juga bisa mengakibatkan asam jengkolat jika daya tahan tubuh kita tidak baik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar