Sabtu, 15 November 2014

Cara Melaporkan Artikel yang Copy Paste ke Google DMCA

Ketika anda membuat suatu artikel anda membutuhkan waktu yang cukup banyak bisa 15 menit, 30 menit, 1 jam, 5 jam dan tak menutup kemungkinan seharian anda menulis suatu artikel hingga anda mempublikasikannya anda jika artikel tersebut benar-benar hasil jeripayah anda karena membuat suatu artikel membutuhkan pemikiran dan tenaga anda sendiri dan ketika hasil jeripayah anda tersebut dipublikasikan anda pasti merasakan rasa puas tersendiri.

Cara melaporkan artikel copas di DMCA


Tetapi apa jadinya artikel yang susah payah tadi anda buat tadi dibajak atau dicuri oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab karena tidak meminta izin dari pemilik artikel tersebut dan tanpa mencantumkan sumber dari artikel yang dia copas (Copy Paste). Jika itu yang terjadi pada anda pasti anda tidak senang dan tidak rela artikel tersebut dicopas begitu saja apalagi yang hasil artikel copas tersebut berada pada peringkat atas mesin telusur seperti google.com atau bing.com.

Untuk memberikan efek jera pada yang hobi copas artikel sembarangan anda harus jemput bola atau melaporkan sendiri kepada google karena google tidak bisa membedakan mana artikel original dan mana bajakan. Bukan berarti google mentolerir apa yang diperbuat oleh para copas artikel tersebut karena google memfasilitasi hal tersebut melalui DMCA.

DMCA adalah Digital Millennium Copyright Act, pelanggaran yang dilaporkan tersebut akan diproses oleh google dan akan ditindak jika terbukti maka akan ditindak langsung. Jika hanya satu artikel yang mengandung Copy Paste pada blog tersebut maka hanya satu artikel tersebut yang akan dihapus, jika banyak yang terdapat artikel copas maka bisa jadi blog anda akan dihapus secara permanen.


Berikut cara Melaporkan Artikel Copy Paste (Copas) kepada DMCA

1. Cari Atikel yang di Copas
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan artikel Anda yang di-copas, sekaligus mencari blog pelaku copas. Cara termudahnya adalah dengan menuliskan judul artikel Anda atau sebagian isi dari artikel Anda di kotak penelusuran Google dengan diapit oleh tanda ” “. Selanjutnya kunjungi Google DMCA notice.
2. Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta
Pada kotak isian berjudul: Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta, isikan dengan kalimat : “Writing pieces published on my blog/website” atau kalimat senada lainnya.
3. Kirimkan URL artikel Anda yang dicopas
Pada kotak isian berjudul: Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut?, isi dengan URL di blog Anda yang berisi artikel original karya Anda yang di-copas.
4. Informasikan URL artikel copas
Pada kotak isian berjudul: Lokasi materi yang melanggar, isi dengan URL di mana Anda menemukan artikel Anda di blog pelaku copas.
Anda diminta memperhatikan dan membaca pernyataan tersumpah. Karena ini menyangkut perkara hukum harap Anda berhati-hati. Karena itu perlu Anda pastikan sekali lagi artikel Anda tersebut keseluruhan isinya adalah benar-benar karya Anda sendiri.
Jika ke empat cara tersebut telah anda jalankan maka google akan memproses aduan tersebut dan jika telah diproses oleh google maka anda akan menerima email dari google. Jika blog yang copas dari blogger.com maka google akan menghapus artikel tersebut dan kalau bukan dari hosting blogger.com maka google tidak bisa menghapus artikel tersebut dan hanya menghilangkan atau menghapus URL dipenulusuran google.

Mungkin hanya sekian yang bisa saya sampaikan mungkin bermanfaat bagi kita semua, jadilah orang jujur, jujur pada diri sendiri dan hargailah hasil jeripayah seseorang.

1 komentar:

  1. BlueHost is one of the best hosting company for any hosting services you might require.

    BalasHapus