Selasa, 25 November 2014

8 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Ketika Ditilang Polisi


Beberapa hari kedepan pihak Kepolisian akan menggelar Operasi Zebra, Operasi Zebra akan dilakukan mulai tanggal 26 November 2014 hinggal 09 Desember 2014. Untuk itu jika anda ingin berpergian keluar rumah ada baiknya anda melengkapi surat-surat kendaraan anda serta kelengkapan berkendaraan anda supaya anda tidak ditilang oleh Polisi.
Tetapi jika anda ditilang oleh Polisi ada beberapa hal yang perlu anda lakukan seperti jangan panik, jangan kabur jika nada tidak salah dan lainnya. Berikut yang perlu anda lakukan ketika anda sedang ditilang polisi.
  • Hal yang pertama anda lakukan adalah bersikap Tenang, jangan panik, apalagi nangis,Jika anda hanya melakukan pelanggaran kecil seperti tidak memakai helm, kaca spion tidak ada, surat-surat kendaraan tidak lengkap maka jangan panik karena sanksinya tidak akan berat bukan dipenjara, tidak akan berpengaruh buruk kepada karir, keluarga, atau kehormatan. Santai saja. Kecuali kendaraan anda adalah hasil kejahatan.
  • Jika anda melakukan pelanggaran seperti tidak mempunyai Sim, Helm, tidak bawa Stnk dan melanggar peraturan lalu lintas anda tidak perlu mengelak karena anda sudah pasti salah, lebih baik anda menerima secara dewasa dan tidak perlu berdebat dengan polisi atas pelanggaran yang anda lakukan. setelah itu lakukanlah penerapan penuntutan hukum dan pembuktian pelanggaran lalu lintas, itu dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana.
  • Anda jangan pergi saja setelah anda tilang pastikan anda menerima surat tilang dari Polisi setelah semua surat seperti Sim dan Stnk anda ditahan, jika anda tidak menerima surat tilang anda akan kesulitan dikemudian hari dan periksalah dengan benar surat tilang yang diberikan
  • Jika anda ingin pelanggaran yang anda lakukan diselesaikan dengan segera maka mintalah lembar biru kepada polisi yang menilang anda dan bayarkan denda melalui denda dan anda bisa meminta kembali sim dan stnk anda kepada polisi tersebut.
  • Anda bisa meminta lembar tilang yang bewarna merah jika anda ingin menghadiri sidang dan ingin mendengarkan penjelasan tentang kenapa anda ditilang dan anda bisa melakukan pembelaan jika anda merasa tidak salah, hari, tanggal dan jam sidang sudah tertelah pada lembar tilang yang bewarna merah tersebut
  • Perhatikan penampilan Polisi tersebut mulai dari pakaian, atribut, wajah, nama ataupun pangkat, Waspadai jika anda ditilang oleh Polisi gadungan yang bisa membawa kabur motor anda. Jika anda curiga bisa anda tanyai polisi tersebut tentang tugas kepolisian, jika anda tidak yakin anda bisa cari bantuan atau pergi dari tempat tersebut.
  • Jangan mau memberikan uang anda ketika anda ditilang selesaikanlah sesuai peraturan yang berlaku, jika anda dimintai uang oleh Polisi tersebut katakanlah "saya ingin ditilang saja pak", Dengan begitu anda bisa menekan angka polisi nakal.
  • Jika anda melihat ada pelanggaran kode etik seperti meminta uang kepada pelanggaran lalulintas anda bisa melaporkan kepada Si Propam untuk tingkat Polres dan Bid Propam jika terbukti Polisi tersebut akan ditindak dan dihukum.
Itulah 8 hal yang perlu anda lakukan ketika ditilang polisi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Taatilah peraturan lalu lintas, Bawa Sim, Stnk dan lengkapilah surat kendaraan anda sebelum anda bepergian keluar rumah. Ingat jangan berpikir untuk jalan damai dan selesaikanlah pelanggaran anda tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.









1 komentar:

  1. Ever wanted to get free Twitter Followers?
    Did you know that you can get these ON AUTOPILOT & ABSOLUTELY FREE by registering on Like 4 Like?

    BalasHapus